Informasi pascasarjana dan doktoral IPB UNIVERSITY 2024

Tahapan dan Syarat Pendaftaran

Tahapan dan syarat pendaftaran calon mahasiswa secara online di Sekolah Pascasarjana IPB adalah:

  1. Mendaftar melalui sistem online pada laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id
  2. Belum punya akun silakan klik di sini > Isi form pendaftar untuk membuat akun
  3. Jika sudah selesai klik simpan, lalu cek email > klik verifikasi akun
  4. Setelah email berhasil diverifikasi, silakan login kembali untuk ke tahap selanjutnya > pilih jalur masuk yang tersedia, penyelenggara Pascasarjana jalur masuk Reguler  lalu klik “Detail” > klik “Ambil nomor pendaftaraan”
  5. Kemudian akan muncul perintah untuk membuka email dan mendapatkan kode pembayaran, jika belum mendapatkan email konfirmasi klik “Detail” untuk “Kirim Ulang Notifikasi Email”
  6. Setelah melakukan pembayaran, login kembali pilih “Login Formulir Pendaftaraan” untuk masuk ke subsistem
  7. Login ke subsistem dengan menggunakan nomor pendaftaraan dan tanggal lahir.
  8. Pendaftar wajib mengisi Formulir  dan wajib mengunggah (upload) beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
    1. Pindai dari Ijazah asli S1, Transkrip S1 (untuk S2)
    2. Pindai dari Ijazah asli S1, Ijazah S2, Transkrip S1, Transkrip S2  (untuk S3)
    3. Dokumen Karya Ilmiah (Formulir B (Khusus bagi Pendaftar S3)
    4. Rekomendasi dari 3 nama pemberi rekomendasi (masukan email pemberi rekomendasi pada sistem setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran)
      1. Salah satu pemberi rekomendasi WAJIB dari Dosen/Staf Pengajar dari Perguruan Tinggi
      2. Kualifikasi pemberi rekomendasi adalah minimal bergelar Magister bagi pendaftar program Magister Sains (S2), dan minimal bergelar Doktor bagi pendaftar program Doktoral (S3)
    5. Surat Jaminan Biaya (Formulir D)
    6. Sinopsis rencana penelitian (maksimal 3 halaman, tidak ada format khusus)
    7. Bagi Pendaftar program magister dengan IPK antara 2,00 – 2,50  wajib memiliki TPA (UUOPT Bappenas) dengan nilai  TPA >= 450 (untuk S2), dan pendaftar program doktor dengan IPK antara 3,00 – 3,25 wajib memiliki TPA (UUOPT Bappenas) dengan nilai TPA >= 475 (untuk S3)*. Informasi jadwal penyelenggaraan TPA UUOPT Bappenas
    8. Nilai kemampuan bahasa Inggris (detail klik disini) untuk S2 dan S3 (jika belum ada dapat mengikuti Placement Test lihat Agenda).
    9. Proposal penelitian dan publikasi ilmiah wajib bagi pendaftar Jalur Penelitian (By Research)
  9. Hasil seleksi akan diumumkan melalui laman https://registrasi.admisi.ipb.ac.id/. Surat hasil seleksi dan surat panggilan verifikasi dapat diunduh pada laman tersebut dengan menggunakan user akses pendaftaran masing-masing calon mahasiswa baru.
  10. Untuk yang memilih jalur khusus, wajib mengunggah TPA dengan skor > 475 untuk S2 dan skor > 500 untuk S3 yang masih berlaku.
  11. Bagi pendaftar yang tidak memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan hingga saat penutupan pendaftaran, tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi
  12. Bagi pendaftar program Doktor yang pendidikan S2-nya bergelar Magister Manajemen (MM) atau Magister Profesional, program studinya harus terakreditasi A
  13. Program Magister di IPB tidak menerima pendaftar yang bergelar D-IV

Baca juga :

Jadwal Pendaftaran

Periode 1 (Semester Ganjil 2024/2025)
Periode Pendaftaran (disini)26 Februari – 30 April 2024
Seleksi oleh Fakultas7 – 10 Mei 2024
Pengumuman Penerimaan Tahap 1 (disini)20 Mei 2024 Pukul 17.00 WIB
Registrasi Online pada laman registrasi.admisi.ipb.ac.id21 – 31 Mei 2024 (Tentative)
Periode 2 (Semester Ganjil 2024/2025)
Periode Pendaftaran (disini)02 Mei – 16 Juli 2024
Seleksi oleh Fakultas23-25 Juli 2024
Pengumuman Penerimaan Tahap 2 (disini)29 Juli 2024
Registrasi Online pada laman registrasi.admisi.ipb.ac.id29 Juli – 2 Agustus 2024
VERIFIKASI dan KULIAH UMUM
Verifikasi Berkas 2 Agustus 2024 (Tentative)
Pengisian KRS A
Placement Test Bahasa Inggris (dilaksanakan secara luring di Kampus IPB Darmaga Bogor)8 Agustus 2024 (Tentative)
Kuliah Umum Perdana5 Agustus 2024 (Tentative)
Awal Perkuliahan12 Agustus 2024
Pengisian KRS B

Baca juga

  1. Batas pendaftaran akun periode 4 (semester genap) tanggal 30 Desember 2023 pukul 14.00 WIB, batas pembayaran pukul 16.00 wib dan batas melengkapi berkas jam 22.00 WIB.
  2. Proses pembayaran uang pendaftaran dilakukan melalui bank yang ditunjuk IPB
  3. Mengunggah (Upload) dokumen pada [Menu Unggah Dokumen/Lampiran] dalam sistem dibatasi 500 KB untuk gambar (jpg, jpeg) dan 500 KB untuk dokumen PDF. Pastikan dokumen tersebut dapat terbaca.
  4. Jika terdapat kendala dalam proses pendaftaran online, dapat menghubungi melalui laman Halo Admisi IPB.
  5. Bagi calon mahasiswa yang ingin melakukan pendaftaran program pascasarjana pada Sekolah Bisnis, pendaftaran tidak dilakukan melalui website ini, klik disini untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut.
  6. Verifikasi berkas diwajibkan kepada calon mahasiswa sesuai yang tertera pada surat hasil seleksi.
  7. Pendaftar dinyatakan resmi sebagai mahasiswa IPB apabila sudah melakukan pengisian biodata dan pembayaran biaya pendidikan. Saudara akan mendapatkan informasi mengenai username dan ID melalui email untuk login ke sistem IPB setelah dinyatakan lolos verifikasi.
  8. Kendala KRS silahkan hubungi krs[at]apps.ipb.ac.id atau helpcenter.ipb.ac.id
  9. Kalender akademik IPB tahun akademik 2023/2024 dapat dilihat disini, dokumen yang terkait masa studi https://ipb.university/standar-mutu-pendidikan-ipb dan https://kmmai.ipb.ac.id/standar-mutu-ipb/standar-mutu-pendidikan-ipb/

Mau kursus, udah coba les diberbagai tempat? udah tes tapi berkali kali gagal? tapi kesusah waktu belajar? sibuk kerja? banyak tugas dinas keluar kota? dan tidak bisa hadir dikelas reguler? kenapa tidak coba kelas dibawah ini sobat :

Untuk informasi lebih lanjut baik dari segi pertanyaan pertanyaan lainnya mengenai program persiapan ujian UUO TPA Bappenas/PAPs UGM/PIP Unpad serta biaya kursus persiapan ujian bisa langsung kontak kami dibawah ini

Teman teman bisa menanyakan harga langsung ke admin dibawah ini dijamin paling terjangkau dan kualitas terbaik se Indonesia

Note untuk bukti kelulusan ujian (bukan testimoni) SIMAK UI Pascasarjana, PPDS & Doktoral , UUO TPA Bappenas, SMUP UNPAD, UM UGM (PAPs & AcEPT UGM), PPMB PPDS FK Unair dan seluruh program PPDS PTN lainnya bisa dicek dibawah ini