pendaftaran pascasarjana dan doktoral ugm 2024

Halo sobat kelas bahasa, Universitas Gadjah Madha kembali membuka pendaftaran untuk program pascasarjana dan doktoral gel III untuk tahun ajaran 2024. Program dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di ujian masuk Universitas Gadjah Mada

Program magister dan doktoral

Untuk jurusan yang dibuka antara lain bisa dicek di sini

JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA SEMESTER GASAL TA 2024/2025

NoKegiatanGelombang 1Gelombang 2Gelombang 3Gelombang 4
1Pendaftaran20 Feb-13 Maret 202426 Mar-16 April 202430 Apr-21 Mei 202411 Juni-2 Juli 2024
2Pembayaran biaya pendaftaranSesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing
3Verifikasi Dokumen Pendaftaran20 Feb-15 Maret 202426 Mar-19 April 202430 Apr-24 Mei 202411 Juni-5 Juli 2024
4Tes substantif (apabila ada)14-16 Maret 202418-20 April 202427-29 Mei 20244-6 Juli 2024
5Penstatusan dan finalisasi19 Maret 202423 April 20244 Juni 20249 Juli 2024
6Pengumuman hasil seleksi21 Maret 202425 April 20246 Juni 202411 Juli 2024
7Registrasi online bagi yang diterima22 Maret-31 Juli 202429 April-31 Juli 20247 Juni-31 Juli 202412 Juli-31 Juli 2024
8Hasil verifikasi dokumen registrasi dan Penetapan UKT28 Maret 20247 Mei 202413 Juni 202418 Juli 2024
9Periode pembayaran UKT28 Maret-31 Juli 20247 Mei-31 Juli 202413 Juni-31 Juli 202418-31 Juli 2024
10Awal kegiatan akademik12 Agustus 2024

Persyaratan Pendaftaran Program Magister dan Doktoral

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

1.Ijazah asli dari program pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
2.Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada program S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
3.Sertifikat akreditasi program studi pada program S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.
4.Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:JenisSkor MinimalKeteranganPAPs UGM450Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dan Jadwal Pelaksanaan TesTPDA PLTI450Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan TesTes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS450Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).
5.Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:JenisSkor MinimalKeteranganAcEPT UGM149Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan TesTOEP PLTI401 (31)Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan TesInternational English Testing System (IELTS)4.0Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IDP, Jadwal Pelasanaan Test IELTS Bristish Council, Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IALFInternet-Based (iBT) TOEFL30Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan TesInstitutional Testing Program (ITP) TOEFL400Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Besaran skor minimal ditetapkan oleh prodi tujuan (dapat melebihi skor minimum yg ada di laman um.ugm.ac.id).

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik DISINIKhusus Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris TOEP PLTI ada perubahan sistem skoring, info detail klik DISINI
6.Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada program pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
7.Syarat khusus:Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)
8.Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
9.Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
10.Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

Baca juga : PENDAFTARAN KURSUS PAPS UGM DAN ACEPT UGM

Program Studi/Fakultas/Sekolah Pascasarjana dapat menentukan standar IPK, tes potensi, dan kemampuan Bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas. Informasi lebih lanjut silakan hubungi program studi tujuan.

Mau kursus, udah coba les diberbagai tempat? udah tes tapi berkali kali gagal? tapi kesusah waktu belajar? sibuk kerja? banyak tugas dinas keluar kota? dan tidak bisa hadir dikelas reguler? kenapa tidak coba kelas dibawah ini sobat :

Untuk informasi lebih lanjut baik dari segi pertanyaan pertanyaan lainnya mengenai program persiapan ujian UUO TPA Bappenas dan TOEFL ITP Unud  serta biaya kursus persiapan ujian bisa langsung kontak kami dibawah ini

Note untuk bukti kelulusan ujian (bukan testimoni) SIMAK UI Pascasarjana, PPDS & Doktoral , UUO TPA Bappenas, SMUP UNPAD, UM UGM (PAPs & AcEPT UGM), PPDS ULM Banjarmasin, PPDS UB Malang, PMB ITB, TBS Beasiswa LPDP RI, Beasiswa Kementerian Bappenas, PPMB PPDS FK Unair dan seluruh program PPDS PTN lainnya bisa dicek dibawah ini