Apa itu AcEPT?
ACEPT atau Academic English Proficiency Test, adalah sebuah tes bahasa Inggris yang dirancang secara khusus oleh untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris calon mahasiswa S1, S2, S3 maupun IUP UGM dengan skor standar yang telah ditetapkan oleh otoritas UGM.
Bagaimana Komposisi Soal Ujian AcEPT UGM
AcEPT UGM
- Listening : 20 soal.
- Vocabulary : 30 soal.
- Grammar and structure : 40 soal.
- Reading : 40 soal.
- composing skills : 40 soal.
Berikut beberapa penjelasan utama mengenai tes AcEPT UGM :
Kemampuan Menulis
Jumbled Sentences adalah materi “writing skill” atau keterampilan menulis yang melatih siswa menyusun kalimat acak menjadi paragraf atau text yang padu, bisa berupa text descriptive, report, procedure, recount dan narrative. Masing-masing text mempunyai ciri khas tersendiri seperti telah tertulis dalam rangkuman materi pada bab-bab sebelumnya, oleh karena itu siswa harus jeli mengamati ciri-ciri tersebut. Secara singkat, ada beberapa trick yang dapat menjadi pertimbangan dalam menyusun kalimat menjadi suatu text:
Text Descriptive:
Diawali dengan kalimat yang menunjuk suatu benda yang akan dijelaskan. Dilanjutkan dengan kalimat yang mendiskripsikan benda tersebut, secara runtut.
Text Report:
Diawali dengan kalimat yang memberi gambaran umum tentang suatu subject. Dilanjutkan dengan kalimat yang mendiskripsikan subject tersebut secara runtut.
Text procedure:
Diawali dengan kalimat “AIM” atau “GOAL”, bisa berupa judul atau prolog. Mis: How to makenew folder/ Here are the steps to create new folder. Carilah connective words (kata penghubung) “first, second, third” secara urut, atau “then,after that, the next, when, while” sesuai dengan keselarasan kalimat. Kata “finally, the last” biasanya ada pada kalimat terakhir, kecuali jika ada kalimat penutup,seperti: It is easy, isn’t it?/Do you want a try?/Eat them while warm, dsb, maka kalimatpenutup menempati akhir paragraph.
Text recount:
Diawali dengan keterangan waktu yang pasti, misalnya: last week, one day, yesterday, on May4th August 2008, dsb. Kalimat selanjutnya adalah events, carilah kalimat yang menceritakan kejadian secara runtut. Biasanya text tersebut diakhiri dengan kesimpulan misalnya: The incident was very funny!.
Text narrative:
Diawali dengan keterangan waktu: Once upon a time, few years ago, long time ago, dsb. Dilanjutkan dengan kalimat yang berupa isi certa tersebut secara runtut sesuai dengan cerita. Kalimat terakhir adalah kesimpulan atau opini penulis, bisa berupa nasehat atau pendapatpenulis mengenai cerita tersebut.
Note:
Dalam mengerjakan soal ini jangan segan-segan mencoba semua option yang disediakan, dari jawaban pada option A,B,C dan D, untuk memudahkan mencari alternative jawaban dan membandingkan jawaban yang paling tepat. Biasanya ada dua jawaban yang mirip, namun hanya ada satu jawaban yang paling tepat. Sengaja ada satu jawaban mirip untuk jebakan, jadi harap lebih cermat dan hati-hati. Berlatihlah sebanyak-banyaknya materi ini, semakin banyak berlatih semakin mudah dan peka dalam menentukan keselarasan kalimat.
Direction:
Number 1 contain jumbled sentences. You are required to identify the correct order to form a good paragraph.
Perintah:
Soal nomor 1 berisi kalimat-kalimat yang tidak disusun dengan urutan yang baik. Anda diminta untuk memilih jawaban dengan urutan kalimat yang benar untuk membentuk paragraph yang baik.
Contoh Soal:
1. Some of the places where they live are Africa, India, South America, and Australia.
2. They hunt mammals and birds which come to the river to drink.
3. Crocodiles are the largest and the most dangerous reptile.
4. They can also attack and kill people.
5. They have large mouths and many sharp teeth.
6. They live in rivers.
A.3-6-4-2-1-5 C. 6-l-3-4-5-2
B.3-6-1-5-2-4 D. 1-2-3-4-5-6
Pembahasan
Soal ini meminta untuk menyusun kalimat acak tersebut menjadi sebuah paragraf. Apabila disusun kalimat-kalimat tersebut akan membentuk sebuah Report Text. Teks ini adalah teks yang mendeskripsikan suatu obyek secara umum. Generic structure-nya adalah General Classification: pernyataan umum tentang objek yang akan dibahas. Description: penggambaran dari obyek yang dibahas, bisa sifat, tingkah laku, maupun ciri-cirinya. Untuk menyusunnya kita harus tahu artinya terlebih dahulu.
Dengan demikan, susunan berdasarkan generic structure-nya sebagai berikut ini General Classification: Crocodiles are the largest and the most dangerous reptile. Descriptions: They live in the river. Some of the places where they live are Africa, India, South America, and Australia. They have large mouths and many sharp teeth. They hunt mammals and birds which come to the river to drink. They can also attack and kill people. Maka jawaban yang benar adalah: B
Paraphrasa: Mengubah Teks Sumber dengan Mempertahankan Makna Kegiatan mengubah teks yang berbeda dengan kalimat redaksional aslinya meskipun makna masih dipertahankan merupakan keterampilan seni yang sangat penting dibutuhkan pada segmen bidang karya ilmiah. Dampak dari keberhasilannya menentukan tulisan akademik kita terhindarkan dari tindak plagiasi. Berikut pengertian dan contoh kalimat-kalimatnya (Bailey, S., 2006, p. 29 – 31). Paraphrase bermanfaat mengungkapkan makna tanpa harus mengurangi jumlah kata-kata aslinya.
Misalnya:
Bukti hilangnya suatu peradaban Kerajaan Majapahit dapat ditemukan di sekitar wilayah museum Majapahit.
Diparaphrasa menjadi:
Sisa-sisa peninggalan masyarakat kuno Kerajaan Majapahit dapat ditelusuri di lingkungan museum Majapahit.
Paraphrase yang baik menunjukkan perbedaan jelas dengan redaksional aslinya. Ia hanya cukup menampilkan makna apa adanya dengan kata-kata redaksional yang berbeda.
Misalnya:
Peradaban Mesir kuno jatuh sekitar pada tahun 2180 sebelum masehi. Penelitian yang dilakukan pada endapan lumpur sungai Nil menunjukkan bahwa saat ini lumpur yang mengendap di sungai Nil itu mengalami kekeringan di dekat daerah pegunungan. Peristiwa tersebut berdampak buruk bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut untuk bertahan hidup.
Diparaphrasa menjadi:
Riset terhadap lapisan tanah di sungai Nil Mesir yang sangat tandus sekitar pegunungan dekat hulu sungai disimpulkan kurangnya air untuk irigasi sekitar tahun 2180 sebelum masehi, yang mana sebagai awal jatuhnya peradaban Mesir.
Paraphrasakan seperti berikut ini:
Peradaban Mesir yang mendadak berakhir lebih dari 4 ribu tahun silam kemungkinan besar disebabkan perubahan cuaca di wilayah utara dan berdampak ke selatan. Tanpa terjadinya aliran banjir yang berkelanjutan, masyarakat kekurangan persediaan makanan.
Parafrasa dengan menggunakan teknik pencarian sinonim, kelas kata, dan urutan kata dapat diwujudkan melalui enam langkah sederhana. Enam langkah sederhana menurut Henning, E., Gravett, S., & Rensburg, W. V. (2005, p. 51) tersebut seperti di bawah ini:
– bacalah ulang teks aslinya hingga Anda memahami maknanya secara utuh;
– kesampingkan teks aslinya dulu; buat dan tulis parafrasa Anda pada sebuah catatan;
– catatlah beberapa kata di bawah tulisan parafrasa Anda untuk sekadar pengingat seberapa jauh Anda menggunakan pengetahuan Anda perihal kutipan dan parafrasa. Di atas lembar catatan Anda, tulislah kata kunci atau frasa yang menunjukkan judul / bahasan perihal latihan berparafrasa;
– cermati cara Anda memparafrasa teks asli untuk menyakinkan Anda telah memenuhi teknis secara tepat dan mewujudkan hasil latihan Anda dengan jelas, terjangkau, dan bermakna;
– gunakan tanda petik untuk menandai istilah-istilah yang menurut Anda asing dari teks asli,
– dokumentasikan teks asli (termasuk halamannya) pada catatan Anda supaya Anda dapat dengan mudah menggunakannya saat Anda memutuskan untuk menggabungkan hasil usaha kutipan dan parafrasa Anda kepada karya tulis Anda sendiri.
Untuk informasi lebih lanjut baik dari segi pertanyaan pertanyaan lainnya mengenai program persiapan ujian AcEPT, TOEFL ITP, TOEIC, PAPS UGM atau UUO TPA Bappenas biaya kursus persiapan ujian bisa langsung kontak kami dibawah ini