Jadwal Pendaftaran Penerimaan Calon Peserta PPDS Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Periode Juli 2022

Pendaftaran Penerimaan Calon Peserta PPDS Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Periode Juli 2022 telah dibuka pada hari ini Senin tanggal 21 Maret- 30 April 2022. Berikut Jadwal Pendaftaran.

Pendaftaran online dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Harap dibaca Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus Program Studi.
  2. Calon peserta wajib registrasi dan mendaftar online pada aplikasi yang telah disediakan.
  3. Calon peserta membayar biaya seleksi sebesar Rp.750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) ke :

    Nama Rekening : RPL 010 UNAND UTK OPR BLU FK Nama Bank: Bank Nagari (Bank Pembangunan Daerah)Nomor Rekening: 2102 0105.00064-7
  4. Bukti slip setoran bank harap difoto dan dikirimkan ke email :
    ppds.fkunand@gmail.comdan slip setoran asli disertakan pada pengiriman berkas.
  5. Dokumen yang diupload pada aplikasi pendaftaran online harus scan dokumen yang asli (bukan fotocopy/legalisir).
  6. Batas akhir penerimaan berkas di Sekretariat TKP PPDS FK Unand tanggal 30 April 2022 (untuk jadi perhatian lama pengiriman jika via POS,TIKI,JNE,dll).
  7. Pendaftaran online dan pengiriman berkas yang telah diupload akan dilayani pada jam kerja (08.00 – 16.00 WIB).

Baca juga :

APLIKASI PENDAFTARAN PPDS FK UNAND

Click Here

Berkas yang sudah diupload pada aplikasi dikirimkan 2 (dua) rangkap (asli dan photocopy) secara terpisah sesuai dengan urutan ke dalam 1 (satu) amplop ke alamat :

Sekretariat TKP PPDS FK Unand,

Jl. Perintis Kemerdekaan No.94 Padang 25127

Dokumen/berkas yang harus dikirimkan sebagai berikut :

  1. Pas photo ukuran 4 x 6 warna latar merah terbaru 2 (dua) lembar
  2. Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku (photocopy)
  3. Surat Permohonan (asli dan photocopy) (format Klik disini)
  4. Printout Data (Data Pribadi, Keluarga, Pendidikan, Pekerjaan, Program Studi, Pernyataan) pada aplikasi pendaftaran (asli dan photocopy)
  5. Ijazah Sarjana Kedokteran (legalisir asli dan photocopy)
  6. Transkrip Nilai Sarjana Kedokteran (legalisir asli dan photocopy)
  7. Ijazah Profesi Dokter (legalisir asli dan photocopy)
  8. Transkrip Nilai Profesi Dokter (legalisir asli dan photocopy)
  9. Surat Tanda Registrasi yang masih berlaku (photocopy)
  10. Sertifikat Akreditasi program studi pendidikan profesi dokter terakreditasi minimal B Atau Sangat Baik pada saat kelulusan (photocopy)
  11. Surat Rekomendasi IDI (asli dan photocopy)
  12. Hasil UKMPPD/UKDI (photocopy)
  13. Surat Selesai Masa Bakti jika PTT (photocopy)
  14. Sertifikat TOEFL Minimal 475 atau IELTS Minimal 5,5 yang masih berlaku (photocopy)
  15. Surat Keterangan Berbadan Sehat (asli dan photocopy)
  16. Sertifikat ATLS, ACLS yang masih berlaku (photocopy) (lihat Persyaratan Khusus Prodi)
  17. Surat Keterangan Pengalaman kerja (asli dan photocopy) (lihat Persyaratan Khusus Prodi)
  18. Surat Pernyataan pernah/tidak pernah menjalani pendidikan spesialis di Universitas lain, jika pernah cantumkan Universitasnya (bermaterai Rp.10.000) (asli dan photocopy) (format Klik disini)
  19. Surat Pernyataan tidak sedang menjalani seleksi penerimaan PPDS di Universitas lain pada periode yang sama (bermaterai Rp.10.000) (asli dan photocopy) (format Klik disini)
  20. Surat Pernyataan tidak hamil (asli dan photocopy) (lihat Persyaratan Khusus Prodi)
  21. Surat izin mengikuti seleksi oleh orang tua/istri/suami (bermaterai Rp.10.000,-) (asli dan photocopy) (lihat Persyaratan Khusus Prodi)
  22. Surat Pernyataan tidak tersangkut proses kasus pidana (bermaterai Rp.10.000,-) (asli dan photocopy) (format Klik disini)
  23. Berkas pendukung (Contoh: sertifikat seminar,dll) (photocopy) 
  24. Sertifkat Vaksinasi Covid-19
  25. Khusus Pelamar TNI, wajib melampirkan Surat Izin Atasan
  26. Surat Pernyataan Akan Mematuhi Peraturan Unand (asli dan photocopy) (Format Klik disini)

baca juga

Ctt : Tidak Menerima Berkas Susulan

Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana, Doktoral dan Profesi Universitas Andalas Tahun Akademik 2022/2023

Catatan :

  1. Jadwal test dapat berubah dan akan dikonfirmasikan kemudian
  2. Calon Pendaftar yang telah memiliki nilai Toefl ITP/ Nilai Toefl (yang masih berlaku) dari UPT Bahasa Universitas Negeri yang tergabung dalam Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA), diperbolehkan untuk tidak mengikuti tes Toefl Offline dengan mengupload sertifikat pada sistem pendaftaran

HARAP DI CEK TERLEBIH DAHULU PROGRAM STUDI YANG DIBUKA PADA SETIAP PERIODE PENDAFTARAN SEBELUM MEMBELI PIN, KARENA UANG PENDAFTARAN TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN (DAFTAR PROGRAM STUDI YANG TERSEDIA DAPAT DILIHAT PADA TABEL DIBAWAH INI)

Uang Pendaftaran :

  • Magister (S2) : Rp.600.000,-
  • Doktor (S3)    : Rp.750.000,- 
  • Program Profesi Insinyur : Rp.500.000,- 

Biaya Perkuliahan S2 dan S3 (SPP)  : klik disini

Biaya Perkuliahan Program Profesi Insinyur : Rp.7.500.000,-

Persyaratan Umum :

  1. IPK Minimum 2,75 atau <2,75 jika memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun sesuai bidangnya
  2. Tidak pernah di Drop Out (DO) pada program studi yang sama di Universitas Andalas

Persyaratan dan Kelengkapan Berkas yang di upload dan diserahkan :

  1. Scan ijazah dan transkip nilai S1 (Ijazah Sarjana) asli untuk calon pendaftar S2 (Magister) (Tidak bisa menggunakan SKL)
  2. Scan ijazah dan transkip nilai S1,S2 asli untuk calon pendaftar S3 (Doktor) (Tidak bisa menggunakan SKL)
  3. Surat keterangan sehat dari dokter
  4. Formulir pendaftaran, dapat didownload di berkas attachment dibawah postingan ini
  5. Rancangan penulisan ide penelitian untuk calon pendaftar S3 (minimal 1000 kata)
  6. Surat kesediaan dari calon promotor/ pembimbing untuk calon pendaftar S3 (Download pada berkas attachment postingan ini)
  7. Surat rekomendasi akademis dari dua orang dosen/pembimbing pendidikan sebelumnya (lihat bawah halam pengumuman ini)    
  8. Melampirkan slip bukti pembelian PIN dari Bank
  9. Melampirkan Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi Asal
  10. Melampirkan Surat Izin dari pimpinan bagi yang sudah bekerja
  11. Berasal dari Perguruan Tinggi atau Program Studi terakreditasi (khusus prodi dibawah fakultas hukum harus berasal dari Universitas atau Program Studi minimal Terakreditasi B) 

Persyaratan khusus Program Profesi Insinyur :

  1. Fotocopy Ijazah dan Transkip Nilai yang dilegalisir (1 lembar)
  2. Surat keterangan sehat dari dokter
  3. Pas Foto warna ukuran 4×6 (3 lembar)
  4. Surat pernyataan telah berpengalaman bekerja minimal 2 (dua) tahun dibidang keinsinyuran

Prosedur Pendaftaran :

  1. Melakukan Registrasi awal pada http://pendaftaran.pmb.unand.ac.id, kemudian klik Pembelian PIN untuk memperoleh KAP dan PIN, kemudian cetak kartu pembelian PIN pada akhir pengisian setelah di submit
  2. Melakukan Pembayaran pada Bank Syariah Indonesia ( Eks. Bank Syariah Mandiri), Bank Nagari, Bank BNI, Bank Mandiri sebesar Rp. 600.000,- (S2) , Rp. 750.000 (S3) dan Rp.500.000 (Program Profesi Insinyur) untuk aktivasi KAP dan PIN
  3. Melakukan pendaftaran dan pengisian formulir pendaftaran secara online melalui website : http://pendaftaran.pmb.unand.ac.iduntuk mendapatkan kartu peserta
  4. Tata cara pembayaran via
    1. Bank Syariah Indonesia (BSI)
    2. Bank Nagari
    3. Bank BNI
    4. Bank Mandiri

Alur Prosedur Pendaftaran :

Narahubung : 

  1. Ritta Yenni Arief : 08126628648 
  2. Yelna Derjunita : 085274645435
  3.  Zandri : 082388287695

Berkas yang terkait Penerimaan Mahasiswa Baru :

  1. Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru Pascasarjana Unand (Klik disini)
  2. Formulir Rekomendasi Penerimaan Mahasiswa Baru S2 dan S3 Unand (Klik disini)
  3. Formulir Kesediaan Calon Promotor S3 (Klik disini)
  4. Formulir Wawancara untuk S2 Keperawatan (Klik disini)

Untuk informasi lebih lanjut baik dari segi pertanyaan pertanyaan lainnya mengenai program persiapan ujian  UUO TPA Bappenas dan TOEFL ITP  persiapan magister, doktoral, PPDS, PPDG FK UNHAS 2022 serta biaya kursus persiapan ujian bisa langsung kontak kami dibawah ini :