Latihan soal cpppk umum : Tes Kemampuan Teknis

Halo sobat kelas bahasa berikut beberapa soal latihan persiapan menghadapi ujian CPPPK Umum sub tes kemampuan teknis beserta pembahasannya dibawah ini :

  1. Model pembelajaran abad 21 yang menekankan dihasilkannya produk dan menekankan otonomi belajar sejak mulai merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajarnya adalah….. 

A. Pembelajaran berbasis proyek 

B. Pembelajaran kooperatif 

C. Bermain peran dan simulasi 

D. Pembelajaran diskusi online 

E. Pembelajaran kontekstual

Pembahasan:

Menurut Thomas, pembelajaran berbasis proyek memiliki beberapa prinsip dalam penerapan-nya, yaitu (Wena, 2011): 

  • Sentralistis : pusat dan strategi pembelajaran
  • Pertanyaan Penuntun: Menuntun siswa untuk menemukan konsep 
  • Investigasi Konstruktif: Merumuskan pengetahuan yang dibutuhkan 
  • Otonomi: Otonomi untuk menentukan target sendiri 
  • Realistis: Pekerjaan nyata yang sesuai dengan kenyataan

Jawaban: A

2. Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah…. 

A. Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai pribadi yang unik 

B. Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik 

C. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas 

D. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan 

E. Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indonesia terkait dengan pendidikan

Pembahasan 

Manfaat pemahaman landasan pendidikan:

1. Pengembangan wawasan kependidikan yaitu berkenaan dengan berbagai asumsi yang bersifat umum tentang pendidikan yang harus dipilih dan diadopsi oleh tenaga kependidikan sehingga menjadi cara pandang dan bersikap dalam rangka melaksanakan tugasnya. 

2. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan.

Jawaban: D

3. Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas mendorong seorang guru menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran terkait karya temannya. Hal ini merupakan mengintegrasikan teknologi pada domain….. 

A. Penilaian terhadap peserta didik 

B. Pemahaman terhadap peserta didik 

C. Strategi pembelajaran 

D. Pemahaman materi pembelajaran 

E. Pengelolaan pembelajaran

Pembahasan:

Contoh pemanfaatan teknologi untuk penilaian:

– Untuk mengukur pencapaian kompetensi guru menggunakan google formulir agar bisa untuk melihat perolehan Skor secara cepat dan mendapatkan data indikator kompetensi apa yang belum tercapai.

Contoh pemanfaatan teknologi untuk pemahaman peserta didik:

– Untuk mengatasi kebosanan peserta didik saat pembelajaran, guru memanfaatkan game edukatif agar peserta didik Tertarik dengan pembelajaran 

Contoh pemanfaatan teknologi untuk pemahaman materi pembelajaran: 

– Rendahnya daya serap peserta didik terhadap kompetensi tertentu mendorong guru memanfaatkan video edukatif Yang terintegrasi youtube dengan maksud agar peserta didik dapat belajar materi secara mandiri di samping di kelas 

Contoh pemanfaatan teknologi untuk pengelolaan pembelajaran: 

– Untuk memudahkan guru dalam menjelaskan materi X guru memanfaatkan slide PPT

Jawaban: C

4. Ari adalah anak rajin, memiliki sikap yang baik dan bahkan sering mewakili dalam kegiatan olimpiade sain nasional. Tapi pada hasil laporan belajar dia memiliki 5 nilai yang di bawah KKM. Tindakan Anda sebagai wali kelas adalah… 

A. Siswa tersebut tetap naik kelas dengan pertimbangan peserta OSN 

B. Meminta masukan dari guru guru terkait naik tidaknya 

C. mendiskusikan dengan orang tua ari terkait masalah ini 

D. Tidak naik kelas karena tidak memenuhi kriteria kenaikan kelas 

E. Naik kelas karena sikap Ari baik 

Pembahasan

PERMENDIKBUD NO 23 TAHUN 2016 

KI 1 Dan KI2 Kompetensi Sikap Minimal Baik 

KI 3 Dan KI 4 Kompetensi Pengetahuan Dan Keterampilan Tuntas 

Batas Ketidak Tuntasan KI 3 Dan KI 4 Adalah Maksimal 3 Mata pelajaran

Jawaban: D

5. Dalam suatu pembelajaran diperoleh data banyak siswa yang tidak aktif maka Anda sebagai guru harus mengubah pendekatan pembelajaran tepat. Pendekatan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah… 

A. Konstruktivisme 

B. Kontekstual 

C. Saintifik 

D. Deduktif 

E. Induktif 

Pembahasan:

A. Membentuk konsep sendiri

B. Membuat pembelajaran bermakna 

C. Pembelajaran aktif,SM 

D. Pakem konsep, berpikir logis 

E. Terampil dalam membuat kesimpulan

Jawaban: C

Teman teman langsung tertarik bisa dapat langsung mendaftar kelas disini dan mohon jangan lupa konfirmasi ke admin kami juga di nomor whatsapp diatas

Bukti skor dan kelulusan klien klien yang telah berhasil kami bantu kursus persiapan CPNS 2014 – 2021 dan CPPPK 2020 – 2021 bisa dicek di akun instagram @kelas_CPNS2022 dibawah ini